Jenis-Jenis Material Pintu Lipat Rumah Minimalis

Jenis-Jenis Material Pintu Lipat Rumah Minimalis

Desain dan jenis bahan pintu sekarang sangatlah banyak sekali. Desainnya pun sangat beraneka ragam. Ada yang mempunyai ukiran yang banyak, ada yang minimalis, elegan dan masih banyak sekali. Ada yang berbentuk pintu lipat, pintu geser, pintu satu daun pintu, dan pintu dua daun pintu. Semua itu tergantung dengan kebutuhan rumah anda. Paling penting untuk menyesuaikan dengan tema rumah anda. Fungsi pintu dalam rumah memang sangat penting sekali. Sebagai akses keluar masuk, memperindah bentuk rumah dan juga untuk menjaga keamanan rumah anda. Oleh karena itu sangat penting memilih bahan untuk pintu rumah minimalis anda. Berikut beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat pintu.

Pintu Lipat Kayu

Pintu lipat kayu merupakan salah satu jenis bahan yang sering banyak digunakan. Dari zaman dahulu kala, memang kayu yang selalu digunakan untuk membuat pintu. Dengan menggunakan bahan kayu akan membuat desain rumah anda terlihat alami. Tetapi jika rumah anda mempunyai tema modern, pintu kayu juga masih bisa anda gunakan. Pintu yang berbahan kayu, lebih mempunyai desain yang banyak dibandingkan dengan desain yang lainnya. Dengan bahan kayu anda bisa menambahkan ukiran-ukiran. Selain itu bentuknya juga bisa bermacam-macam. Jenis kayu yang baik digunakan adalah jenis kayu jati. Bahan ini awet dan tidak mudah di makan oleh rayap.

Pintu Bahan Aluminium

Bahan yang selanjutnya adalah pintu lipat aluminium. Ini sudah mulai digunakan dari beberapa tahun ini. Dengan menggunakan bahan aluminium, anda akan mempunyai desain yang lebih modern. Jenis pintu yang berbahan ini cocok digunakan untuk pintu lipat garansi, pintu samping rumah atau pintu yang memisahkan dua ruangan. Anda bisa memadukan bahan aluminium dengan bahan kaca. Ini akan memberikan desain yang lebih elegan. Gunakan warna aluminum dengan warna yang cerah seperti putih. cream, coklat atau warna cerah lainnya. Tetapi untuk pintu yang terbuat dari bahan aluminum, tidak mempunyai desain sebanyak pintu yang berbahan kayu.

Pintu Bahan Besi

Untuk pintu lipat minimalis bisa yang menggunakan bahan besi. Bahan ini memang lebih sederhana dan memiliki desain yang sangat minimalis. Jenis pintu yang terbuat dari besi, biasanya digunakan untuk pintu garansi, pintu gudang dan lain sebagainya. Jarang digunakan sebagai pintu rumah utama. Pintu ini digunakan untuk keamanan suatu ruangan atau rumah. Biasanya pintu gudang sering yang menggunakan pintu yang berbahan besi. Ini karena besi yang kuat, tahan lama dan mempunyai tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Pintu Fiber

Pintu yang terbuat dari bahan fiber, biasanya digunakan untuk pintu kamar mandi. Selain itu pintu yang terbuat dari bahan fiber juga bisa digunakan untuk pintu belakang rumah. Harga pintu lipat yang berbahan fiber memang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis bahan yang lainnya. Bahan ini hampir sama dengan pintu yang terbuat dari bahan aluminium. Tetapi bahan aluminium lebih tahan lama dan lebih kuat dibandingkan dengan bahan fiber. Bahan fiber bisa kedap suara juga. Oleh karena itu banyak digunakan untuk pintu kamar mandi.

Itulah beberapa bahan yang biasa digunakan untuk membuat pintu rumah. Pintu rumah yang paling penting adalah keindahan dan keamanan. Oleh karena itu sangat penting memilih bahan pintu yang tepat dan benar. Untuk pintu lipat, juga sangat penting memilih bahan dan warna kusen pintu. Sesuaikan dengan desain interior dan eksterior rumah minimalis anda. Sekian sedikit ulasan yang bisa saya sampaikan. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda. Selamat mendesain rumah yang indah impian semua keluarga.

Sumber : klik disini