Inilah Komitmen PGN Mengenai Penambahan Pelanggan Rumah Tangga



Perusahaan Gas Negara adalah perusahaan yang telah memasok kebutuhan jaringan gas ke berbagai segmen pelanggan. Misalnya saja ialah perusahaan dan juga pabrik besar yang menggunakan jumlah listrik yang banyak hingga pelanggan rumah tangga. Pelanggan rumah tangga menjadi yang paling banyak sebab jaringan gas sangat dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Direktur Utama Perusahaan Gas Negara atau PGN, Hendi Prio Santoso mengatakan bahwa pelanggan PGN dengan jumlah terbanyak ialah pelanggan rumah tangga. Dari hal inilah, PGN berkomitmen untuk menambah jumlah pelanggan rumah tangga sehingga makin banyak dan kebutuhan jaringan gas pun akan terpenuhi.

Setidaknya, telah ada beberapa cara yang dilakuakan Perusahaan Gas Negara ini, tutur Hendi Prio Santoso. Cara pertama adalah dengan meluaskan jaringan menggunakan dana PGN sendiri. Dari cara pertama ini, hasil yang didapatkan cukup baik.

Saat ini, telah ada sekitar 100 ribu jaringan gas yang tersebar di seluruh provinsi di Jawa dan juga tiga daerah di Sumatera. Daerah-daerah tersebut ialah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jakarta dan juga Sumatera Utara, Kepulauan Riau dan Sumatera Selatan.

Lalu, untuk penuhan jaringan gas tersebut, Hendi Prio Santoso membeberkan jika PGN tidak hanya mendapatkan gas dari pipa yang dipasang saja, melainkan memasok CNG dari Jawa Timur juga seperti yang ada di Tambak Aji daerah Semarang.

Untuk fokus perluasan PGN, ada pelanggan rumah tangga yang belum merasakan jaringan gas di daerah yang telah ada dan di daerah yang belum mendapatkan pelayanan ini sama sekali.

Sedangkan mengenai cara yang kedua ialah dengan melakukan sebuah kerjasama dengan pemerintah khususnya Kementrian ESDM yang pada 19 Agustus 2015 lalu, Mentri ESDM Sudirman Said memberikan perintah resmi untuk memberikan pasokan jaringan gas di 11 kawasan Sumatera maupun Jawa.

Dengan kerjasama inilah, diharapkan komitmen dari PGN dapat terwujud secepatnya agar keinginan Perusahaan Gas Nasional mengenai jumlah pelanggan rumah tangga agar terus bertambah. Selain itu, PGN pun akan makin mensejahterakan pelanggan rumah tangga karena kebutuhan aktivitas sehari-harinya dapat terpenuhi.